fitur "visual search" Pinterest
Google sukses menjadi raksasa di bisnis IT dan kini merambah ke bidang lain, seperti smartphone dan platform android phone berawal dari bisnis "mesin pencari" (search engine). Sebelum Google sudah ada perusahaan lain yang menggarap "mesin pencari" seperti Yahoo dan MIcrosoft, sayangnya kedua perusahaan itu tidak fokus.
Potensi "mesin pencari" sebagai peluang bisnis makin terbuka lebar dan luas, bila awalnya dalam pencarian data di jagat maya berbasis "teks" untuk mencari materi artikel, gambar dan video, kini input data ke "mesin pencari" sudah bisa berbasis "visual". Dalam skala kecil, media sosial "Pinterest" sudah merilis fitur ini untuk medeteksi item-item gambar yang berada dalam foto yang ditayangkan. Fitur "visual search" yang terletak di ujung kanan atas, bebentuk kotak kecil putih bisa digeser ke item obyek yang ingin dicari sumber datanya. Misalkan, lampu meja, cukup kita geser kotak putih tadi, dan kita "zoom", maka di bagian bawah akan muncul gambar- gambar serupa, serta data penjual dan produsennya.
fitur "visual search" instagram
Instagram juga telah menerapkan fitur "visual search" ini, bedanya Insta menggunakan tehnologi fitur "tag" seperti di Facebook. Misalkan sebuah lampu meja, untuk mengetahui produk sejenis, produsen dan toko penjualnya kita kesulitan, karena basis input link-nya masih teks. Hal ini yang membedakan fitur "visual search" antara Instagram vs Pinterest. Instagram masih membutuhkan peran pengguna untuk melakukan pencarian di mesin pencari, sedangkan Pinterest memanjakan pengguna, tidak perlu mencari data sendiri, semua tersaji dengan cepat. Ayo buktikan keunggulan dan kelemahan fitur ini untuk bisnis anda !!!Labels: bisnis online, biz, medsos