Media sosial menjadi salah satu andalan kegiatan marketing modern untuk menyampai pesan dari produsen dan aktifasi calon pembeli untuk membeli produk atau barang yang dijual. Saat ini banyak perusahaan belum memanfaatkan sosial media secara optimal untuk penjualan perusahaan. Sebagian besar masih menggunakannya sebagai alat /tool Public Relations dan layanan konsumen semata. Memang kedua kegiatan tersebut dapat mendukung marketing dan sales, tapi tidak secara langsung mendorong calon pembeli / prospek untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan.
Padahal dalam beberapa tahun belakangan hadirnya interkoneksi antar platform sosial media, seperti Facebook dengan instagram, twitter dengan instagram, Youtube dengan insta atau sebaliknya merupakan sarana efektif untuk penyebaran pesan produk secara viral di sosial media.
Pada awal tahun 2016 ini ramalan para marketing profesional bervariasi tentang masa depan marketing berbasis digital. sebagian besar menyatakan pentingnya pengumpulan data, video advertising, virtual reality dan live streaming untuk mendukung kegiatan marketing digital,sebagian lagi kurang optimis dapat meningkat penjualan. Digital marketing adalah sebuah kegiatan menggabungkan penyampaian produk atau jasa lewat website, content, SEO, online advertising, email dan aplikasi mobile.
Kenyataannya perilaku calon pembeli di era Millenial memang sangat dipengaruhi gadget dan internet, di Indonesia saja menurut survey yang dilakukan sebuah situs, rata - rata orang Indonesia menghabiskan waktu kira-kira 5 jam / hari dengan gadget-nya.
Berkaitan dengan sosmed dan marketing digital, survey yang dilakukan situs clutch.co terhadap efektifitas sosial media untuk kegiatan marketing digital menghasilkan kesimpulan sebagai berikut:
- 80 % perusahaan menyatakan, sosial media sangat penting untuk kesuksesan kegiatan marketing berbasis digital.
- 60% perusahaan menyatakan, Youtube adalah salah satu social media channel terpopuler.
- Materi video paling efektif untuk sarana marketing digital dibandingkan materi gambar dan teks.
- 62% perusahaan menyatakan situs pertemanan Facebook paling banyak memberikan keuntungan.
- Situs- situs B2B menyukai menyukai situs pertemanan profesional Linkedin.com dibandingkan Youtube, tapi juga menyukai instagram.
Lalu situs sosmed apa yang paling direkomendasi untuk kegiatan marketing? Hasil riset ini menyatakan,kegiatan marketing digital menggunakan sosmed : Facebook, twitter dan Linkedin adalah media sosial paling efektif dalam mendatangkan keuntungan. Silakan mencoba !Labels: bisnis online, biz, review