Pengin tahu gaya belanja orang Indonesia seperti apa ? Seberapa sering, belanjaan apa saja yang dibeli ? Situs 8Commerce, sebuah perusahaan e-commerce lokal beberapa waktu lalu melakukan beberapa survei tentang belanja online, dan blog ini merasa tersanjung, 8Commerce rela membagikan hasil survei kepada kami.
Survei itu dilabeli "Gaya Belanja Online Lintas Generasi", tujuan utama kegiatan ini untuk mengetahui "tren belanja online", dengan cakupan wilayah survei adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.Jumlah responden sebanyak 300 orang, mungkin anda salah seorang yang pernah menjadi responden survei ini.
300 responden yang disurvei 8Commerce ketika ditanyakan, "Apakah pernah belanja online?". Jawabannya, semua responden menjawab "sudah pernah". Step kedua, "Alasan mereka berbelanja online?" Jawabannya :
1. 66.5% Harga lebih murah
2.47,5% Ada diskon dan Promo
3. 46,3% Mudah dan Tidak Ribet
4. 30,8% Produk yang bagus
5. 28,6% Pengiriman gratis
Pendorong motivasi pembelanja online tetaplah harga, seperti yang terjadi dunia nyata, kebanyakan orang melakukan pembelian barang karena alasan harga, disamping alasan-alasan lainnya.
Lalu situs mana yang paling sering dituju untuk belanja online ? Hasilnya :
1. 51,54% Instagram
2. 44,49% Tokopedia
3. 38,77% Lazada
4. 24,47% Zalora
5. 22,47% Go-Food
Menarik sekali, ternyata "Instagram" adalah referensi dan tujuan belanja utama, maka tak heran dari aplikasi keluaran Apple ini muncul "Celebgram - Celebgram", selebriti yang digunakan untuk meng-endorse produk - produk di Instagram. Bisa jadi tingginya pembelanja online di Insta adalah generasi Millenia yang memang berhabit online.
Berdasarkan survey ini, reseller atau produsen bisa belajar mengenai perilaku pembelanja online di Indonesia secara umum, meski dalam survey ini kurang tidak ditampilkan faktor usia sebagai variable. Usia menjadi variable yang tidak bisa diabaikan, sebab pengguna medsos harus disadari ter-pecah menurut kelompok usia. Labels: bisnis online, review