Siapapun Marah Bila Jadi Penumpang UBER

Ketidak profesionalan layanan yang berujung pada BAP polisi menimpa salah satu pengemudi taksi online, UBER. Bila ditelaah, bisa dikatakan kasus ini adalah kasus yang tidak biasa, maksudnya tidak semua driver UBER melakukan itu. Pada layanan taksi konvensional pun kasus ini pernah terjadi, bahkan lebih sadis dengan motif perampasan hak milik penumpang. Namun, ditengah euphoria layanan transportasi berbasis aplikasi seperti UBER, Go Car, Grab yang saat sedang nail daun, kasus ini akan mendapat "awarness" tinggi dari calon penumpang. 

Perusahaan aplikasi yang menyediakan layanan transportasi online wajib berbenah menata SDM freelance mereka dengan lebih baik. Mengapa harus demikian? Kasus - kasus kontraproduktif antara driver dan customer akan sering muncul, sebab penyedia aplikasi tidak mengikat driver dengan aturan sanksi keras, dipihak main driver juga merasa tidak terikat secara hukum yang ketat dengan pihak penyedia layanan transportasi berbasis aplikasi. Berbeda dengan hubungan kerja di perusahaan taksi konvensional, dimana driver memiliki hubungan kerja yang ketat, karena perusahaan lah yang menyediakan sarana transportasinya, sehingga bargaining position perusahaan kuat dan pekerja tidak berani main-main. 

Pada layanan transportasi berbasis aplikasi, hubungan kerja antara driver dan perusahaan tidak demikian, hubungan keduanya setara, karena sarana transportasi disediakan driver. Jadi driver nya akan cenderung bersikap kurang loyal. Lalu bagaimana solusi nya? Penyedia sarana transportasi berbasis aplikasi harus lebih ketat lagi dalam rekruitmen calon driver, tidak cukup Surat Keterangan Baik dari Kepolisian, tapi juga mesti memberikan pelatihan secara kontinyu kepada calon driver dan driver tentang attitude layanan dan profesionalisme layanan transportasi. Sebab driver layanan dari berbagai kalangan, bahkan banyak dari ikut menjadi penyedia jasa ini hanya sebagai "side job", Semoga tulisan ini menjadi masukan perusahaan penyedia transportasi berbasis online di Indonesia.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/sigitbc/siapapun-marah-bila-jadi-penumpang-uber_577e97bacb23bd170b2a6ab5

Labels:

body { background:#aba; margin:0; padding:20px 10px; text-align:center; font:x-small/1.5em "Trebuchet MS",Verdana,Arial,Sans-serif; color:#333; font-size/* */:/**/small; font-size: /**/small; } /* Page Structure ----------------------------------------------- */ /* The images which help create rounded corners depend on the following widths and measurements. If you want to change these measurements, the images will also need to change. */ @media all { #content { width:740px; margin:0 auto; text-align:left; } #main { width:485px; float:left; background:#fff url("https://resources.blogblog.com/blogblog/data/rounders/corners_main_bot.gif") no-repeat left bottom; margin:15px 0 0; padding:0 0 10px; color:#000; font-size:97%; line-height:1.5em; } #main2 { float:left; width:100%; background:url("https://resources.blogblog.com/blogblog/data/rounders/corners_main_top.gif") no-repeat left top; padding:10px 0 0; } #main3 { background:url("https://resources.blogblog.com/blogblog/data/rounders/rails_main.gif") repeat-y; padding:0; } #sidebar { width:240px; float:right; margin:15px 0 0; font-size:97%; line-height:1.5em; } } @media handheld { #content { width:90%; } #main { width:100%; float:none; background:#fff; } #main2 { float:none; background:none; } #main3 { background:none; padding:0; } #sidebar { width:100%; float:none; } } /* Links ----------------------------------------------- */ a:link { color:#258; } a:visited { color:#666; } a:hover { color:#c63; } a img { border-width:0; } /* Blog Header ----------------------------------------------- */ @media all { #header { background:#456 url("https://resources.blogblog.com/blogblog/data/rounders/corners_cap_top.gif") no-repeat left top; margin:0 0 0; padding:8px 0 0; color:#fff; } #header div { background:url("https://resources.blogblog.com/blogblog/data/rounders/corners_cap_bot.gif") no-repeat left bottom; padding:0 15px 8px; } } @media handheld { #header { background:#456; } #header div { background:none; } } #blog-title { margin:0; padding:10px 30px 5px; font-size:200%; line-height:1.2em; } #blog-title a { text-decoration:none; color:#fff; } #description { margin:0; padding:5px 30px 10px; font-size:94%; line-height:1.5em; } /* Posts ----------------------------------------------- */ .date-header { margin:0 28px 0 43px; font-size:85%; line-height:2em; text-transform:uppercase; letter-spacing:.2em; color:#357; } .post { margin:.3em 0 25px; padding:0 13px; border:1px dotted #bbb; border-width:1px 0; } .post-title { margin:0; font-size:135%; line-height:1.5em; background:url("https://resources.blogblog.com/blogblog/data/rounders/icon_arrow.gif") no-repeat 10px .5em; display:block; border:1px dotted #bbb; border-width:0 1px 1px; padding:2px 14px 2px 29px; color:#333; } a.title-link, .post-title strong { text-decoration:none; display:block; } a.title-link:hover { background-color:#ded; color:#000; } .post-body { border:1px dotted #bbb; border-width:0 1px 1px; border-bottom-color:#fff; padding:10px 14px 1px 29px; } html>body .post-body { border-bottom-width:0; } .post p { margin:0 0 .75em; } p.post-footer { background:#ded; margin:0; padding:2px 14px 2px 29px; border:1px dotted #bbb; border-width:1px; border-bottom:1px solid #eee; font-size:100%; line-height:1.5em; color:#666; text-align:right; } html>body p.post-footer { border-bottom-color:transparent; } p.post-footer em { display:block; float:left; text-align:left; font-style:normal; } a.comment-link { /* IE5.0/Win doesn't apply padding to inline elements, so we hide these two declarations from it */ background/* */:/**/url("https://resources.blogblog.com/blogblog/data/rounders/icon_comment.gif") no-repeat 0 45%; padding-left:14px; } html>body a.comment-link { /* Respecified, for IE5/Mac's benefit */ background:url("https://resources.blogblog.com/blogblog/data/rounders/icon_comment.gif") no-repeat 0 45%; padding-left:14px; } .post img { margin:0 0 5px 0; padding:4px; border:1px solid #ccc; } blockquote { margin:.75em 0; border:1px dotted #ccc; border-width:1px 0; padding:5px 15px; color:#666; } .post blockquote p { margin:.5em 0; } /* Comments ----------------------------------------------- */ #comments { margin:-25px 13px 0; border:1px dotted #ccc; border-width:0 1px 1px; padding:20px 0 15px 0; } #comments h4 { margin:0 0 10px; padding:0 14px 2px 29px; border-bottom:1px dotted #ccc; font-size:120%; line-height:1.4em; color:#333; } #comments-block { margin:0 15px 0 9px; } .comment-data { background:url("https://resources.blogblog.com/blogblog/data/rounders/icon_comment.gif") no-repeat 2px .3em; margin:.5em 0; padding:0 0 0 20px; color:#666; } .comment-poster { font-weight:bold; } .comment-body { margin:0 0 1.25em; padding:0 0 0 20px; } .comment-body p { margin:0 0 .5em; } .comment-timestamp { margin:0 0 .5em; padding:0 0 .75em 20px; color:#666; } .comment-timestamp a:link { color:#666; } .deleted-comment { font-style:italic; color:gray; } .paging-control-container { float: right; margin: 0px 6px 0px 0px; font-size: 80%; } .unneeded-paging-control { visibility: hidden; } /* Profile ----------------------------------------------- */ @media all { #profile-container { background:#cdc url("https://resources.blogblog.com/blogblog/data/rounders/corners_prof_bot.gif") no-repeat left bottom; margin:0 0 15px; padding:0 0 10px; color:#345; } #profile-container h2 { background:url("https://resources.blogblog.com/blogblog/data/rounders/corners_prof_top.gif") no-repeat left top; padding:10px 15px .2em; margin:0; border-width:0; font-size:115%; line-height:1.5em; color:#234; } } @media handheld { #profile-container { background:#cdc; } #profile-container h2 { background:none; } } .profile-datablock { margin:0 15px .5em; border-top:1px dotted #aba; padding-top:8px; } .profile-img {display:inline;} .profile-img img { float:left; margin:0 10px 5px 0; border:4px solid #fff; } .profile-data strong { display:block; } #profile-container p { margin:0 15px .5em; } #profile-container .profile-textblock { clear:left; } #profile-container a { color:#258; } .profile-link a { background:url("https://resources.blogblog.com/blogblog/data/rounders/icon_profile.gif") no-repeat 0 .1em; padding-left:15px; font-weight:bold; } ul.profile-datablock { list-style-type:none; } /* Sidebar Boxes ----------------------------------------------- */ @media all { .box { background:#fff url("https://resources.blogblog.com/blogblog/data/rounders/corners_side_top.gif") no-repeat left top; margin:0 0 15px; padding:10px 0 0; color:#666; } .box2 { background:url("https://resources.blogblog.com/blogblog/data/rounders/corners_side_bot.gif") no-repeat left bottom; padding:0 13px 8px; } } @media handheld { .box { background:#fff; } .box2 { background:none; } } .sidebar-title { margin:0; padding:0 0 .2em; border-bottom:1px dotted #9b9; font-size:115%; line-height:1.5em; color:#333; } .box ul { margin:.5em 0 1.25em; padding:0 0px; list-style:none; } .box ul li { background:url("https://resources.blogblog.com/blogblog/data/rounders/icon_arrow_sm.gif") no-repeat 2px .25em; margin:0; padding:0 0 3px 16px; margin-bottom:3px; border-bottom:1px dotted #eee; line-height:1.4em; } .box p { margin:0 0 .6em; } /* Footer ----------------------------------------------- */ #footer { clear:both; margin:0; padding:15px 0 0; } @media all { #footer div { background:#456 url("https://resources.blogblog.com/blogblog/data/rounders/corners_cap_top.gif") no-repeat left top; padding:8px 0 0; color:#fff; } #footer div div { background:url("https://resources.blogblog.com/blogblog/data/rounders/corners_cap_bot.gif") no-repeat left bottom; padding:0 15px 8px; } } @media handheld { #footer div { background:#456; } #footer div div { background:none; } } #footer hr {display:none;} #footer p {margin:0;} #footer a {color:#fff;} /* Feeds ----------------------------------------------- */ #blogfeeds { } #postfeeds { padding:0 15px 0; }

Sunday, 4 September 2016

Siapapun Marah Bila Jadi Penumpang UBER

Ketidak profesionalan layanan yang berujung pada BAP polisi menimpa salah satu pengemudi taksi online, UBER. Bila ditelaah, bisa dikatakan kasus ini adalah kasus yang tidak biasa, maksudnya tidak semua driver UBER melakukan itu. Pada layanan taksi konvensional pun kasus ini pernah terjadi, bahkan lebih sadis dengan motif perampasan hak milik penumpang. Namun, ditengah euphoria layanan transportasi berbasis aplikasi seperti UBER, Go Car, Grab yang saat sedang nail daun, kasus ini akan mendapat "awarness" tinggi dari calon penumpang. 

Perusahaan aplikasi yang menyediakan layanan transportasi online wajib berbenah menata SDM freelance mereka dengan lebih baik. Mengapa harus demikian? Kasus - kasus kontraproduktif antara driver dan customer akan sering muncul, sebab penyedia aplikasi tidak mengikat driver dengan aturan sanksi keras, dipihak main driver juga merasa tidak terikat secara hukum yang ketat dengan pihak penyedia layanan transportasi berbasis aplikasi. Berbeda dengan hubungan kerja di perusahaan taksi konvensional, dimana driver memiliki hubungan kerja yang ketat, karena perusahaan lah yang menyediakan sarana transportasinya, sehingga bargaining position perusahaan kuat dan pekerja tidak berani main-main. 

Pada layanan transportasi berbasis aplikasi, hubungan kerja antara driver dan perusahaan tidak demikian, hubungan keduanya setara, karena sarana transportasi disediakan driver. Jadi driver nya akan cenderung bersikap kurang loyal. Lalu bagaimana solusi nya? Penyedia sarana transportasi berbasis aplikasi harus lebih ketat lagi dalam rekruitmen calon driver, tidak cukup Surat Keterangan Baik dari Kepolisian, tapi juga mesti memberikan pelatihan secara kontinyu kepada calon driver dan driver tentang attitude layanan dan profesionalisme layanan transportasi. Sebab driver layanan dari berbagai kalangan, bahkan banyak dari ikut menjadi penyedia jasa ini hanya sebagai "side job", Semoga tulisan ini menjadi masukan perusahaan penyedia transportasi berbasis online di Indonesia.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/sigitbc/siapapun-marah-bila-jadi-penumpang-uber_577e97bacb23bd170b2a6ab5

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home